Rabu, 19 Januari 2011

BUDDHISME


Orang sudah mengikuti pengajaran Buddha lebih dari 2.500 tahun-dari india, tempat tinggalnya, ke Eropa dan Amerika, tempat kepercayaan itu kuat. Ada hampir 400juta orang buddha diseluruh dunia. Umat buddha paerccaya bahwa manusia terikat di dalam lingkaran lahir, hidup, dan mati melalui keinginan yang kuat dan bahwa mereka dapat lahir kembali berulang kali sampai tak terhitung jumalahnya dengan tingkatan hidup dan keberadaan yang berbeda-beda. Mereka juga percaya bahwa mereka dapat menghindarkan diri dari kelahiran kembali dan dengan demikian mereka masuk nirvana.Pengajaran-pengajaran Buddha merupakan bimbingan bagi seluruh umat Buddha yang mempunyai keinginan besar untuk meningkatkan kebijaksanaan, belas kasihan, dan menghindari kekerasan.Akhirnya, mereka, seperti Buddha dan lain-lainya, dapat menerima pencerahan. Umat budha percaya akan adanya realitas tertinggi, tetapi mereka tidak menyebut realitas ini "Allah". Banyak umat Buddha merasa lebih berbahagia bila mereka berbicara " filsafat hidup " daripada berbicara tentang agama

" Dharma itu seperti manusia, hai para Bhikku, yang sedang dalam perjalanan dan melihat hamparan air yang snagat luas, tetapi tidak ada perahu yang dapat dipergunakan untuk menyeberang, juga tidak ada jembatan penyeberangan. Terfikirlah olehnya supaya dapat menyeberang ia harus membuat rakit dari rumput dan ranting-ranting. ketika selesai membuat rakit itu dan menyeberang, ia menyadari bahwa rakit itu sangat berguna dan berfikir jika ia harus membawanya dalam perjalanan. Apa yang kamu pikirkan, hai para rahib?( BUDDHA)"


5 ATURAN
Lima pedoman moral yang harus selalu diikuti oleh setiap Buddha:
  1.  Mereka tidak bole membunuh atau merusak benda-benda hidup
  2.  Mereka tidak boleh mengambil barang yang tidak diberikan kepadanya
  3.  Mereka tidak boleh menyalahgunakan seks.
  4. Mereka tidak boleh menggunakan kata-kata yang tidak pantas, seperti berbohong, menyebar rumor dan gosip
  5. Mereka tidak boleh menggunakan obat terlarang dan alkohol, karena semua barang ini akan mengganggu pikiran dan penalaran.
Yama - Dewa Maut
dan Roda Kehidupan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar